Fathurrahman Seorang blogger biasa ,yang baru menyukai teknologi Wordpress. Serta senang belajar teknologi komputer dan internet. Moto :" Keep Learning , Keep Contribute"

Apa itu Plugin di WordPress?

1 min read

pengenalan-pengertian-apa-itu-plugin-wordpress-contohnya

Bagi para pemula yang baru menggunakan cms WordPress.org , untuk aktivitas blogging . Mungkin masih baru mengenal adanya fitur plugin,  yang tersedia pada menu di halaman menu admin wordpress awal. 

Dibandingkan dengan Blogger yang tidak mempunyai fitur plugin, atau semacamnya pada halaman menu admin awal. Plugin juga  merupakan salah satu fitur  yang membedakan platform Blogger dengan platform WordPress.

Plugin merupakan bagian yang terpenting dari ekosistem WordPress , karena ditujukan untuk membangun situs web yang besar dan dinamis.

Seperti untuk membangun toko online atau bisnis-bisnis tertentu. Pada artikel kali ini, teknoding akan membahas tentang apa itu plugin di wordpress beserta contohnya. Berikut mari kita simak lebih lanjut :

Jadi Apa yang dimaksud Plugin di WordPress ?

Pengertian Plugin adalah salah satu fitur yang tersedia di WordPress.org , yang dimana fungsinya sebagai script aplikasi tambahan dan fitur baru untuk menjalankan fungsional tertentu pada situs web wordpress kalian.

Contoh fungsinya seperti untuk meningkatkan  kecepatan performa situs web ,  untuk  keamanan , mendesain tampilan , dan lain sebagainya. Plugin bisa disamakan juga seperti pada aplikasi-aplikasi yang ada perangkat smartphone kalian.

Terdapat lebih dari 55 ribu plugin  yang tersedia di situs web WordPress.org. Pastinya seiring dengan perkembangan nantinya , akan bertambah lebih banyak lagi ,  dengan bertambahnya  developer yang mengembangkan plugin di WordPress.org.

Beberapa Contoh List Nama Plugin Terkenal  : 

  • Akismet Anti-Spam – fungsinya digunakan untuk mencegah spam
  • Yoast – fungsinya digunakan untuk SEO dasar
  • Wordfences – fungsinya digunakan untuk keamanan website
  • WP-Optimize – fungsinya digunakan untuk meningkatkan performa kecepatan website
  • WooCommerce – fungsinya digunakan untuk toko online
  • WP Job Manager – fungsinya digunakan untuk lowongan kerja
  • UpdraftPlus – fungsinya digunakan untuk backup data website

Bagaimana Cara Menginstall Plugin ?

Pada halaman menu admin , kalian bisa menemukan Menu Plugins terletak tepat di bagian bawah menu Appearance. Kalian bisa memilihnya , lalu beberapa plugin yang telah terinstall , akan ditampilkan di bagian sebelah kanan.

Untuk mencari nama plugin dan menginstallnya , kalian tinggal pilih Add New. Lebih jelasnya kalian bisa perhatikan gambar di bawah :

dashboard wordpress menu plugin install add new
Cara Menginstall dengan Memilih Add New

Selanjutnya kalian bisa ketikan nama keyword plugin , di kolom kotak pencarian pojok kanan atas. Jika sudah ketemu plugin yang diinginkan , kalian bisa pilih tombol Install Now, lalu pilih tombol Activate.

cara mencari nama menginstall download plugin wordpress
Ketikan di Kolom lalu Install Now> Activate

Baca selengkapnya tentang Memasang atau Install Plugin di WordPress.

Bagaimana Cara Update Plugin ?

Seperti yang kita tahu, sebagian besar developer yang terdaftar di wordpress,  akan selalu memberikan update ,untuk perbaikan bug ,penambahan fitur dan performa plugin. Jadi untuk memeriksa apakah plugin kalian tersedia,  versi yang terbaru dan siap di update , kalian tinggal  lihat di bagian bawah home ada menu Updates. Nantinya jika ada updatean versi plugin yang terbaru , akan tampil notifikasi ,seperti pada gambar di bawah:

update plugin di dashboard halaman awal wordpress
Notifikasi versi terbaru di menu Updates
Fathurrahman Seorang blogger biasa ,yang baru menyukai teknologi Wordpress. Serta senang belajar teknologi komputer dan internet. Moto :" Keep Learning , Keep Contribute"

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *