Fathurrahman Seorang blogger biasa ,yang baru menyukai teknologi Wordpress. Serta senang belajar teknologi komputer dan internet. Moto :" Keep Learning , Keep Contribute"

Membuat Baca juga pada Postingan

1 min read

cara membuat plugin baca juga inline related post di wordpress

Baca juga atau biasa kita sebut juga Related Post , adalah beberapa link judul artikel, yang biasa di sediakan,dan mempunyai keterkaitan dalam suatu postingan artikel, yang ada di suatu blog. Baik itu dengan menggunakan platform Blogger ataupun WordPress untuk aktivitas ngeblog.

Pada umumnya, baca juga biasa diletakan pada bagian tengah, atau akhir dari suatu artikel post. Secara manual , kita bisa menaruhnya dengan menggunakan baris kalimat, lalu menggunakan fitur link di WordPress.

Namun pastinya akan memakan waktu, jika kita mempunyai ratusan atau ribuan artikel, untuk menaruh satu per-satu link-link artikel (Baca juga) terkait pada suatu artikel post.

Oleh karena itu, untuk membuat baca juga atau related post, bisa terpasang secara otomatis pada semua artikel post yang ada di blog. Salah satu caranya dengan menggunakan plugin baca juga, di wordpress yang bernama Inline Related Post. Pada artikel teknoding kali ini , kalian bisa simak lebih lanjut:

Menginstall Plugin Inline Related Post :

  • Kalian bisa download plugin Inline Related Post disini.
  • Atau juga kalian bisa menginstallnya secara langsung , pada halaman menu admin wordpress.
  • Dengan cara , kalian bisa pilih tombol Plugins > lalu Add New.
dashboard wordpress menu plugin install add new
Plugins > Add New
  • Selanjutnya , ketikan kata kunci inline related post pada kolom pencarian. Jika sudah, pilih tombol Install Now lalu Activate.

Cara Setting Plugin Inline Related Post :

Perlu kalian ketahui juga , disini kita akan menggunakan settingan versi gratis, dari Inline Related Post. Untuk mulai setting, kalian bisa pilih menu Settings > Inline Related Post pada halaman menu admin wordpress.

settings plugin inline related post
Settings> Inline Related Post

Selanjutnya untuk settingan standar, kalian bisa gunakan seperti pada gambar yang ditunjukan di bawah ini :

settingan default plugin inline related post di wordpress
Settingan Standar Related Post

Seperti yang kalian lihat pada gambar di atas. Kita bisa mengaktifkan plugin ini (Inline Related Post) dengan menceklist pada bagian Active. Lalu kita juga bisa mengkustomisasi tampilanya seperti yang kalian perhatikan pada bagian Style Settings.

Kita juga bisa mengatur berapa banyak related post atau baca juga , yang akan ditampilkan dalam satu postingan artikel , pada bagian How many per single post. Serta banyak settingan lainnya yang bisa kalian atur sendiri.

Perlu kalian ketahui juga ,baca juga yang ditampilkan akan otomatis terpasang di semua artikel secara random ,dan hanya 1 baris saja. Jika kalian ingin menggunakan gambar , lalu ditempatkan di akhir postingan artikel , kalian bisa gunakan Related Post Thumbnail.

Fathurrahman Seorang blogger biasa ,yang baru menyukai teknologi Wordpress. Serta senang belajar teknologi komputer dan internet. Moto :" Keep Learning , Keep Contribute"

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *