Cara Bagi Postingan Jadi Banyak Halaman

Saat kalian mengunjungi suatu website portal berita di Indonesia , pasti kalian pernah sesekali melihat artikel yang sangat panjang. Kemudian artikel tersebut , dipisahkan atau dibagi menjadi beberapa halaman. Setiap kita ingin lanjut membaca tulisan berikutnya , kita harus memilih navigasi ,yang terdiri dari angka 1 2 3 dan seterusnya.

Salah satu website portal berita yang dimaksud ,yang biasa menggunakan cara tersebut, pada setiap artikel yang diterbitkan yaitu tribunnews.

Nah , bagi kalian yang menggunakan cms WordPress. Apakah bisa artikel kita dibagi , menjadi banyak halaman seperti yang ada di tribunnews ? Jawabanya adalah BISA. Seperti yang sudah dijelaskan, pada dokumentasi di codex.wordpress.org.

WordPress memang mempunyai fungsi secara default , yang dapat membuat navigasi lewat postingan. Fungsi ini disebut juga Pagination. Kita bisa membuat pagination pada beberapa post (multiple post) dan juga satu post(single post). Pada artikel kali ini , teknoding akan coba menerapkanya pada satu contoh postingan , menjadi banyak halaman di wordpress. Selengkapnya ,berikut mari kita simak lebih lanjut :

Cara 1: Membagi Postingan di Gutenberg Editor

  • Pertama-tama , pada menu admin kalian pilih menu Posts.
menu admin post wordpres
  • Disini kalian bisa membuat artikel postingan baru ,dengan memilih Add New.
  • Atau kalian bisa mengedit artikel postingan yang panjang , yang sudah dipublish.
  • Disini sebagai contoh , saya menggunakan Gutenberg editor ,yang tersedia sejak versi WordPress 5.0. Lalu akan saya edit artikel contoh lorem ipsum.
  • Pada bagian edit post , kalian pilih tombol Add Block (icon tanda plus bulat) , yang terletak di bagian pojok kiri atas , atau dibagian tengah block.
  • Selanjutnya , kalian pilih Layout Elements > lalu pilih icon Page Break Seperti pada gambar di bawah :
membagi memecahkan mensplit postingan banyak halaman artikel dengan page break gutenberg editor wordpressAdd Block > Layout Elements > Page Break
Add Block > Layout Elements > Page Break
  • Setelah kalian pilih, page break akan membatasi halaman dengan garis putus-putus , seperti pada gambar di bawah :
page break post split pagination wordpress
Page Break
  • Jika sudah diatur , kalian tinggal pilih tombol Preview ,atau tekan Publish.
  • Hasilnya kira-kira akan menjadi seperti ini :
Pagination Single Post Multi Halaman Page WordPress
Pagination Post

Sebagai contoh, disini saya menggunakan themes default atau bawaan wordpress , yaitu Twenty Sixteen. Jadi tampilanya akan seperti pada gambar di atas.

Setelah kita melakukan pagination pada artikel postingan. Jika kita membaginya menjadi 3 halaman , urlnya juga akan berubah ,dan terbagi menjadi 3 halaman seperti ini :

  • Halaman 1 – domainKalian.com/url-artikel
  • Halaman 2 – domainKalian.com/url-artikel/2/
  • Halaman 3 – domainKalian.com/url-artikel/3/

Cara 2: Memisahkan Postingan di Classic Editor

Kedua , jika kalian masih menggunakan Classic Editor. Kalian bisa melakukan cara berikut :

  • Pada bagian Edit Post ,kalian ganti dari mode Visual ke Text. Posisinya ada di pojok kanan atas.
Visual to Text Classic Editor WordPress
Visual to Text
  • Selanjutnya , kalian tambahkan baris code ini :
<!—nextpage–>

Seperti ini :

next page wordpress
next page

Atau jika tidak mau repot, kalian bisa gunakan kombinasi tombol keyboard Shift + Alt + P . Secara otomatis, page break akan muncul , pada tengah-tengah halaman artikel.

flash sale shopee
✅Biar Gak Kudet alias Kurang Update, Mending langganan GRATIS channel Telegram Teknoding.com di sini, dan dapetin ilmu gratis setiap harinya.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2014, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan berguna untuk semua orang, lewat Teknoding.com. Connect me: Instagram | LinkedIn

3 pemikiran pada “Cara Bagi Postingan Jadi Banyak Halaman”

Tinggalkan komentar