Fathurrahman Seorang blogger biasa ,yang baru menyukai teknologi Wordpress. Serta senang belajar teknologi komputer dan internet. Moto :" Keep Learning , Keep Contribute"

Mengenal Cara Kerja Teknologi WordPress.org

1 min read

belajar mengenal cara kerja teknolog cms wordpress

WordPress.org adalah suatu software untuk sistem publikasi, yang menggunakan bahasa pemrograman PHP dan juga MySQL. Platform ini akan menyediakan segala hal yang kalian butuhkan , terkait cara membuat situs web milik kalian sendiri ,dan juga mempublikasikan konten kalian secara dinamis ,tanpa harus kita tahu apa yang terjadi dibalik program yang sedang berjalan.

Perlu kalian ketahui , bahwa semua konten yang kalian buat , akan disimpan di dalam sebuah database atau basis data, di dalam akun hosting yang kalian punya.

Penggunaan Bahasa Pemrograman PHP dan MySQL

Dalam pengembanganya hingga sampai sekarang ini. WordPress menggunakan bahasa pemrograman PHP. Seperti yang kita tahu , PHP adalah salah satu bahasa pemrograman scripting, untuk membuat halaman web secara dinamis dari sisi server (server-side). Untuk urusan penyimpananya WordPress menggunakan bahasa pemrograman MySQL.

MySQL adalah sebuah software yang dikembangkan seacara open source, untuk mengelolah sistem manajemen basis data relasi , atau bahasa inggrisnya Relational Database Management System(RDMS) ,yang menggunakan Structured Query Language (SQL). MySQL sudah populer untuk kalangan developer , dimana dengan bahasa ini kita bisa menambahkan , mengolah ,mengakses ,dan memproses data di dalam sebuah database. Jika kalian bingung , sebagai penggambaran atau contoh nyata di kehidupan sehari-hari. Anggaplah MySQL sebagai sebuah lemari besar ,yang dimana konten situs web disimpan didalamnya.

Baca juga : 5 Perbedaan Blogger dan WordPress Untuk Ngeblog

Cara Kerja PHP dan MySQL di WordPress

Dalam penerapanya, ketika seorang pembaca atau pengunjung, membuka sebuah halaman yang dibangun menggunakan PHP , dari sisi web server akan memproses perintah PHP , lalu mengirim hasilnya ke browser pengunjung. Selanjutnya pada konten situs web yang disimpan di database MySQL. Setiap kali visitor atau pengunjung , membaca konten postingan kalian ,dia (baca : pengunjung ) akan membuat suatu permintaan yang dikirim ke sebuah server hosting. Bahasa pemrograman PHP akan menerima permintaan tersebut ,lalu informasi yang diminta berasal dari database MySQL, yang kemudian informasi yang diminta tersebut akan di tampilkan lewat browser web ,yang pengunjung sedang gunakan.

Perlu kalian ingat bahwa ,konten di database MySQL, yang saya maksud disini, mengacu pada post ,halaman , komentar, dan settingan yang kalian gunakan pada dashboard wordpress. Tema yang sedang kalian gunakan pada situs web ,tidak termasuk bagian dari data atau konten yang di simpan di database MySQL. Kumpulan file yang ada di tema ,merupakan bagian dari file sistem koding. Untuk itu ketika kalian mencoba membackup thema , akan menjadi bagian yang terpisah dari konten atau data.

Fathurrahman Seorang blogger biasa ,yang baru menyukai teknologi Wordpress. Serta senang belajar teknologi komputer dan internet. Moto :" Keep Learning , Keep Contribute"

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *