Berikut yang Bukan Aspek Keamanan Komputer Adalah

Keamanan komputer adalah salah satu hal yang penting untuk diperhatikan oleh pengguna komputer atau jaringan.

Keamanan komputer bertujuan untuk melindungi data dan informasi yang tersimpan di dalam komputer atau jaringan dari ancaman atau serangan yang dapat merugikan pengguna.

Ada beberapa aspek yang harus dipenuhi oleh keamanan komputer, yaitu:

  • Kerahasiaan (confidentiality), yaitu aspek yang menjamin bahwa data atau informasi hanya dapat diakses oleh orang yang berhak atau yang diberi izin. Contohnya adalah menggunakan kata sandi, enkripsi, atau biometrik untuk mengamankan data atau informasi dari orang yang tidak berwenang.
  • Integritas (integrity), yaitu aspek yang menjamin bahwa data atau informasi tidak berubah, rusak, atau hilang akibat kesalahan, manipulasi, atau serangan. Contohnya adalah menggunakan checksum, digital signature, atau backup untuk memastikan keaslian dan keselamatan data atau informasi.
  • Ketersediaan (availability), yaitu aspek yang menjamin bahwa data atau informasi dapat diakses atau digunakan kapan saja dan di mana saja oleh orang yang berhak atau yang diberi izin. Contohnya adalah menggunakan redundansi, load balancing, atau firewall untuk mencegah gangguan atau penolakan layanan (denial of service) terhadap data atau informasi.

Selain ketiga aspek di atas, ada juga aspek lain yang sering dikaitkan dengan keamanan komputer, yaitu:

  • Otentikasi (authentication), yaitu aspek yang menjamin bahwa identitas pengguna atau sumber data atau informasi dapat diverifikasi atau dibuktikan. Contohnya adalah menggunakan nama pengguna, kata sandi, token, atau sertifikat digital untuk memverifikasi identitas pengguna atau sumber data atau informasi.
  • Otorisasi (authorization), yaitu aspek yang menjamin bahwa pengguna atau sumber data atau informasi hanya dapat melakukan aksi atau aktivitas yang sesuai dengan hak atau wewenang yang diberikan. Contohnya adalah menggunakan hak akses, peran, atau kebijakan untuk mengatur aksi atau aktivitas yang dapat dilakukan oleh pengguna atau sumber data atau informasi.
Lihat Juga:  From This to This Artinya Apa Sih? Berikut Penjelasannya!

Dari kelima aspek yang telah disebutkan, dapat disimpulkan bahwa berikut yang bukan aspek keamanan komputer adalah:

  • Kecepatan (speed), yaitu aspek yang menunjukkan seberapa cepat data atau informasi dapat diakses, diproses, atau ditransfer oleh komputer atau jaringan. Kecepatan bukan merupakan aspek keamanan komputer karena tidak berhubungan dengan perlindungan data atau informasi dari ancaman atau serangan. Kecepatan lebih berkaitan dengan kinerja atau performa komputer atau jaringan.
  • Kapasitas (capacity), yaitu aspek yang menunjukkan seberapa besar data atau informasi yang dapat disimpan, diproses, atau ditransfer oleh komputer atau jaringan. Kapasitas bukan merupakan aspek keamanan komputer karena tidak berhubungan dengan perlindungan data atau informasi dari ancaman atau serangan. Kapasitas lebih berkaitan dengan sumber daya atau resource komputer atau jaringan.
  • Kualitas (quality), yaitu aspek yang menunjukkan seberapa baik data atau informasi yang dihasilkan, diproses, atau ditransfer oleh komputer atau jaringan. Kualitas bukan merupakan aspek keamanan komputer karena tidak berhubungan dengan perlindungan data atau informasi dari ancaman atau serangan. Kualitas lebih berkaitan dengan standar atau kriteria komputer atau jaringan.

Demikianlah artikel yang membahas tentang “berikut yang bukan aspek keamanan komputer adalah”.

Semoga artikel ini dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman yang bermanfaat bagi pembaca.

  Artikel Terkait

from this to this artinya

From This to This Artinya Apa Sih? Berikut Penjelasannya!

contoh soal true false bahasa indonesia dan contoh soal true false atau salah dan benar dan jawabannya

15+ Kumpulan Contoh Soal True False Bahasa Indonesia

salah satu fungsi panel adalah khususnya salah satu fungsi panel dalam pameran adalah

7+ Fungsi Panel dalam Seni Rupa, Kenapa Penting Diketahui

Fathurrahman

Fathurrahman adalah seorang penulis dan blogger dari Teknoding.com yang berfokus pada bidang teknologi. Dia memiliki pengalaman selama 5 tahun dalam menulis artikel tentang berbagai aspek teknologi,