15+ Kelebihan dan Kekurangan dari Buku Digital (E-Book)

Apa saja keunggulan dan kelemahan dari buku digital? Simak selengkapnya pada artikel kali ini.

Buku digital, atau yang sering disebut juga e-book, telah menjadi tren populer dalam dunia literasi digital.

Seiring dengan perkembangan teknologi internet, saat ini sebuah buku bukanlah sebuah tumpukan kertas yang disatukan.

apa keuntungan dan kekurangan menggunakan buku digital
15+ Kelebihan dan Kekurangan dari Buku Digital (E-Book) 3

Pada era modern saat ini (jaman now), sekarang banyak orang yang membaca buku elektronik.

Bisa disebut juga buku digital pada perangkat atau gadget yang mereka gunakan. Baik itu anak sekolah, kantoran, atau masyarakat pada umumnya.

Semakin cepat dan mudahnya semua orang bisa mengakses internet. Semakin banyak juga orang yang saat ini, bisa mendapatkan banyak buku digital, yang bisa di download secara gratis ataupun berbayar.

Dari sekian banyak keuntungan, yang dimiliki buku elektronik atau ebook. Terdapat juga, banyak kekurangan yang perlu kalian ketahui.

Pada artikel kali ini, saya akan membahas beberapa kelebihan dan kekurangan menggunakan buku elektronik atau digital.

Selengkapnya, berikut mari kita simak lebih lanjut:

Kelebihan dari Buku Digital

E-book, atau buku digital, telah merevolusi cara kita mengakses dan membaca buku.

Dengan perkembangan teknologi, kelebihan e-book menjadi semakin nyata, membawa kemudahan dan efisiensi dalam kehidupan pembaca.

Berikut adalah beberapa poin utama yang menggambarkan kelebihan e-book:

Berikut beberapa kelebihan dari membaca buku elektronik, diantaranya:

1. Praktis

Salah satu kelebihan dari kita membaca buku digital yaitu sangat praktis. Kita hanya perlu 1 perangkat smartphone ataupun tablet, untuk membaca ribuan buku yang bisa kita beli, dan download lewat toko buku digital.

Lihat Juga:  15+ Kelebihan dan Kekurangan Buku Cetak/Fisik (Wajib Tahu)

2. Hemat Ruang Penyimpanan

Buku digital tidak memerlukan ruang fisik untuk penyimpanan seperti buku cetak. Anda dapat memiliki ribuan buku dalam perangkat kalian tanpa memerlukan rak buku yang besar.

Dengan adanya file-file ebook, yang disimpan di komputer atau perangkat smartphone. Kita tidak perlu lagi membeli rak lemari , dan menyediakan ruangan khusus, untuk menyimpan buku-buku yang kita beli.

Serta kalian juga tidak perlu khawatir tentang rusak atau hilangnya sebuah buku.

Karena untuk urusan penyimpanan, jika kalian tidak ingin menyimpanya secara local.

Sebagai alternatif kalian bisa menyimpanya (backup) secara online. lewat Cloud Storage, seperti Google Drive dan One Drive.

3. Portable dan mudah diakses

Buku digital dapat diakses dengan cepat dan mudah melalui perangkat elektronik seperti tablet, smartphone, atau e-reader. Tidak perlu pergi ke toko buku fisik atau menunggu pengiriman.

Kita tidak perlu lagi membawa banyak tumpukan buku, ketika kita ingin membaca buku di luar rumah. Karena kita hanya perlu 1 perangkat untuk menyimpan file ebook, dan juga software atau aplikasi untuk membaca filenya.

Selain itu juga buku digital mudah dicari dan diakses, lewat pencarian Google. Kita hanya perlu kata kunci dari judul buku yang dimaksud. Seketika akan banyak website toko online, yang menyediakan buku digital tersebut pada hasil pencarian.

4. Ekonomis

Umumnya buku digital lebih murah, daripada buku cetak. Karena dari penulis atau penerbit, tidak membutuhkan biaya pembuatan dan pengiriman.

Hanya bermodalkan 1 file asli buku , lalu tinggal mengupload dan mempublikasinya di toko buku digital.

5. Menyelamatkan lingkungan

Salah satu keuntungan besar dari hadirnya buku digital, yaitu tidak memerlukan pohon, sebagai bahan untuk pembuatan kertas.

Buku digital tidak memerlukan kertas dan proses pencetakan yang berkontribusi pada deforestasi dan dampak lingkungan negatif lainnya. Mengadopsi buku digital membantu mengurangi jejak karbon.

Serta kita bisa disebut juga menyelamatkan lingkungan, dari polusi yang disebabkan oleh pabrik kertas. Sehingga dapat mengurangi adanya penebangan pohon.

6. Kustomisasi

Dalam buku digital, pembaca dapat mengubah ukuran dan gaya teks sesuai kebutuhan. Ini membantu mereka yang memiliki masalah penglihatan atau kesulitan membaca teks dengan ukuran standar.

Lihat Juga:  Pengertian Buku Digital atau Ebook: Fungsi, dan Jenisnya

Saat kita membaca ebook lewat komputer ataupun HP. Kita bisa mengkustomisasi ebook tersebut , lewat fitur yang disediakan pada Aplikasi.

Seperti membesarkan ukuran font, dan juga mode dark atau gelap, agar mata kita nyaman membaca huruf lebih lama.

7. Pencarian Cepat

Buku digital memiliki fitur pencarian yang memungkinkan kalian dengan mudah menemukan kata kunci, topik, atau informasi tertentu dalam buku. Ini sangat berguna untuk referensi dan studi.

8. Fitur Interaktif

Buku digital sering menyertakan fitur interaktif seperti video, audio, gambar bergerak, dan tautan yang memperkaya pengalaman membaca. Ini dapat meningkatkan pemahaman dan keterlibatan pembaca.

9. Baca di Malam Hari

Buku digital sering dilengkapi dengan pencahayaan latar belakang yang dapat disesuaikan.

Sehingga memungkinkan kalian membaca tanpa mengganggu orang lain di sekitar, atau merusak penglihatan kalian saat membaca di malam hari.

10. Fitur Bookmark dan Catatan

Buku digital memungkinkan kalian untuk menandai halaman, membuat bookmark, dan membuat catatan tanpa merusak buku fisik.

Ini memudahkan kalian dalam mengingat dan merujuk kembali informasi penting

Kekurangan dari Buku Digital

Meskipun memiliki banyak kelebihan, e-book juga memiliki beberapa kekurangan yang penting untuk dipertimbangkan.

Berikut ini adalah beberapa aspek di mana e-book mungkin kurang memuaskan dibandingkan dengan buku cetak:

Berikut beberapa kekurangan dari buku elektronik, diantaranya:

1. Membutuhkan perangkat

Kekurangan yang pertama ketika kita ingin membaca ebook atau buku digital. Kita wajib memiliki perangkat seperti Komputer, Smartphone, atau Tablet. Untuk bisa mengakses dan membaca buku digital, baik itu secara online atau tanpa koneksi internet (offline).

2. Membutuhkan daya listrik

Kekurangan yang kedua yaitu membutuhkan konsumsi daya listrik. Untuk menghidupkan perangkat-perangkat, yang kita gunakan untuk membaca buku digital.

Jika komputer atau laptop kita mati , dan juga hape kita lowbat. Pastinya kita tidak bisa lagi membaca buku digital.

3. Mempengaruhi kesehatan mata

Dengan menatap layar komputer atau hape terus-terusan. Pastinya akan berpengaruh pada kesehatan mata kita. Meskipun dengan menggunakan fitur dark mode atau mode gelap sekalipun.

Lihat Juga:  7+ Cara Download Buku di Play Store Gratis/Berbayar

Pastinya kita harus mengistirahatkan mata untuk beberapa menit. Selanjutnya , kita bisa membaca ebook lagi.

4. Rawan pembajakan

Pembajakan menjadi salah satu fokus penting bagi penerbit atau penulis buku. Dengan mudahnya akses internet, dan juga publikasi ebook di internet.

Pastinya resiko yang harus dihadapi oleh penulis dan penerbit , yaitu banyaknya file-file ebook yang dipublikasikan secara tidak resmi alias ilegal.

Serta maraknya copy dan paste, tulisan-tulisan dari 1 dokumen ke dokumen lainnya.

Untuk itu hak cipta dari sebuah buku, menjadi sangat wajib dimiliki oleh penerbit dan penulis.

5. Tidak ada kepuasan memiliki buku

Beberapa orang merasa kehilangan sensasi fisik dari memegang dan membalik halaman buku fisik ketika membaca buku digital. Hal ini dapat mengurangi pengalaman membaca tradisional.

Dengan memiliki ebook atau buku digital yang disimpan di perangkat elektronik. Seperti ada rasa tidak puas , ketika kita mengaksesnya hanya secara virtual pada layar.

Berbeda ketika kita memiliki buku cetak atau konvensional. Pastinya ada perbedaan kepuasan, dibandingkan buku digital.

Tabel Keuntungan dan Kekurangan Buku Digital

Berikut adalah tabel yang menampilkan keuntungan dan kekurangan menggunakan buku digital:

KeuntunganDeskripsi
PraktisBuku digital tidak berbentuk fisik seperti buku cetak, sehingga lebih ringkas dan mudah dibawa ke mana saja dengan menggunakan perangkat elektronik seperti smartphone, tablet, atau laptop.
Hemat ruangBuku digital tidak membutuhkan ruang penyimpanan yang besar seperti rak buku, karena dapat disimpan dalam bentuk file di memori perangkat atau di cloud storage.
Mudah diaksesBuku digital dapat diakses kapan saja dan di mana saja dengan menggunakan koneksi internet, tanpa perlu mencari di toko buku atau perpustakaan. Buku digital juga dapat dicari dengan mudah menggunakan kata kunci, judul, atau halaman.
EkonomisBuku digital biasanya lebih murah daripada buku cetak, karena tidak membutuhkan biaya produksi dan pengiriman yang tinggi. Buku digital juga dapat di-print ulang, di-copy, atau di-scan dengan mudah jika diperlukan.
Ramah lingkunganBuku digital tidak membutuhkan kertas yang berasal dari pohon, sehingga dapat mengurangi penebangan hutan dan polusi udara yang dihasilkan oleh pabrik kertas.
KustomisasiBuku digital dapat disesuaikan dengan preferensi pembaca, seperti ukuran font, warna latar, mode baca, atau bahasa. Buku digital juga dapat memiliki fitur tambahan yang meningkatkan pengalaman membaca, seperti animasi, suara, video, hyperlink, atau interaksi.
KekuranganDeskripsi
Membutuhkan perangkatBuku digital membutuhkan perangkat elektronik yang mendukung format file buku digital, seperti PDF, DOC, TXT, atau EPUB. Perangkat elektronik juga harus memiliki kapasitas memori yang cukup untuk menyimpan file buku digital.
Berdampak pada kesehatan mataBuku digital dapat menyebabkan silau, lelah mata, atau sakit kepala jika membaca dalam waktu yang lama atau dengan pencahayaan yang kurang baik. 
Buku digital juga dapat mengganggu pola tidur jika membaca sebelum tidur, karena cahaya biru yang dipancarkan oleh layar perangkat.
Membutuhkan listrikBuku digital membutuhkan listrik untuk mengisi daya perangkat elektronik yang digunakan untuk membaca. Jika listrik padam atau daya perangkat habis, maka buku digital tidak dapat dibaca.
Rawan pembajakanBuku digital lebih mudah untuk dibajak, dicuri, atau disebarluaskan tanpa izin dari penulis atau penerbit. Hal ini dapat merugikan hak cipta dan pendapatan dari penulis atau penerbit.

Kesimpulan

Baik itu buku cetak atau buku digital , pastinya sama-sama memiliki kelebihan masing-masing, yang dapat kita pertimbangkan.

Satu hal yang pasti, keduanya memiliki manfaat bagi pembaca untuk media dalam mencari pengetahuan dan wawasan.

Demikian artikel tentang kelebihan dan kekurangan dari adanya buku digital atau ebook. Semoga bisa menjadi bahan referensi perbandingan untuk kalian.

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan tentang e-book, yang bisa membantu kamu mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang topik ini:

  • Apa itu e-book dan bagaimana cara kerjanya? E-book adalah buku dalam format digital yang bisa kamu baca menggunakan perangkat elektronik seperti e-reader, tablet, atau smartphone. E-book dapat diunduh dari internet atau dibeli dari toko buku online.
  • Bagaimana cara mendapatkan e-book? Kamu bisa membeli e-book dari toko buku online, mengunduhnya dari perpustakaan digital, atau menemukannya di situs yang menawarkan e-book gratis. Kamu hanya perlu perangkat yang kompatibel dan, untuk pembelian, metode pembayaran.
  • Apakah membaca e-book lebih baik daripada buku cetak? Baik e-book maupun buku cetak memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pilihan antara keduanya tergantung pada preferensi pribadi, kebutuhan aksesibilitas, dan situasi membaca. E-book menawarkan kemudahan dan fitur tambahan, sedangkan buku cetak memberikan pengalaman sensorik yang khas.

  Artikel Terkait

download ebook gratis format pdf lengkap

25+ Situs Download Ebook PDF Terlengkap (Buku Gratis PDF)

perbedaan ebook dan buku cetak

5+ Perbedaan Ebook dan Buku Cetak/Buku Fisik (Wajib Tahu)

situs download ebook islami gratis pdf

5+ Situs Download Ebook Islami PDF Gratis (Buku Terlengkap)

Fathurrahman

Fathurrahman adalah seorang penulis dan blogger dari Teknoding.com yang berfokus pada bidang teknologi. Dia memiliki pengalaman selama 5 tahun dalam menulis artikel tentang berbagai aspek teknologi,