Kegunaan NFT Selain Untuk Jual Beli

Apa sih fungsi NFT atau kegunaan membeli NFT? Terus manfaat NFT untuk apa? Bagi kamu yang awam dunia Web versi 3 khususnya NFT, mungkin akan menanyakan pertanyaan tersebut. Setelah sebelumnya kita sudah belajar mengenal apa itu NFT.

Singkatnya NFT yaitu bukti kepemilikan kita atas suatu aset digital, yang tidak dapat digantikan karena sifatnya unik. Jadi yang diperjualbelikan itu bukti kepemilikan kita.

Contoh aset digital itu bentuknya bisa berbagai macam jenis, bisa foto, gambar, musik, video, dan lain sebagainya.

Jenis dan Kegunaan Membeli NFT

Perlu kamu ketahui, kegunaan NFT sendiri sebenarnya ada berbagai macam jenis.

Jadi bukan hanya untuk diperjualbelikan di marketplace NFT saja. Contohnya seperti menjual NFT di OpenSea.

Terlepas baik itu NFT yang termurah sampai yang NFT termahal di dunia sekalipun. Berikut ini adalah fungsi NFT:

1. Art

kegunaan nft yang pertama
kegunaan nft yang pertama sebagai Art

Kegunaan NFT yang pertama yaitu kita bisa jadikan layaknya sebuah karya seni baik itu 1/1, yang berarti 1 NFT sifatnya unik tidak sama persis dengan NFT lainnya dalam satu koleksi.

Atau Generative Art yang sifatnya generatif, yang dibuat menggunakan bantuan software dengan coding atau tanpa coding.

Serta NFT juga bisa kita jadikan sebagai foto profil pada akun sosial media kita khususnya di Twitter. Dimana Twitter disebut-sebut sebagai sosial medianya para kolektor dan kreator NFT di seluruh dunia.

2. Musik

fungsi nft yang kedua
fungsi nft untuk musisi menjual karya

Fungsi NFT yang kedua yaitu selain gambar, NFT juga bisa berupa suara atau musik yang dibuat oleh para musisi.

Jadi musisi bisa menjual karya musik mereka sebagai NFT, melalui berbagai platform marketplace NFT. Pastinya ini sangat membantu mendukung pekerjaan mereka, serta baik juga untuk para fans mendukung kekesuksesan artis dalam berkarya.

Salah satu platform terbaik dan terkenal untuk NFT jenis musik kamu bisa kunjungi website sound.xyz.

Baca juga: Belajar Mengenal Apa itu Blockchain dari Contohnya

3. Akses

kegunaan nft yang ketiga
kegunaan nft bisa dijadikan tiket

Kegunaan NFT yang ketiga, yaitu NFT bisa dijadikan sebagai pengganti tiket, untuk mengakses acara-acara yang berlangsung secara offline atau di kehidupan nyata.

Salah satu contoh penggunaannya yaitu, NFT yang dibuat oleh Gary Vee. Untuk bisa mendatangi event yang diadakan oleh Gary Vee, kamu wajib membeli dan memiliki (holder) NFT, dari salah satu koleksi NFT miliki Gary Vee yang bernama VeeFriends di OpenSea.

Serta yang terkenal yaitu proyek NFT milik BAYC yang merupakan kepanjangan dari Bored Ape Yacht Club.

Dimana jika kamu membeli dan memiliki NFT dari BAYC, maka kamu akan mendapatkan akses ke komunitas yang berisi para selebriti dan pengusaha terkenal di dunia.

4. Gaming

fungsi nft keempat
fungsi nft sebagai item dalam game nft

Utility atau kegunaan dari NFT yang paling sering dipakai oleh developer yaitu NFT bisa dijadikan salah satu item yang ada di dalam game NFT.

Salah satu game NFT yang sukses dan terkenal saat ini yaitu bernama game Axie Infinity.

Singkatnya game Axie Infinity ini dirilis sejak tahun 2018. Game ini menggunakan jaringan blockchain Ethereum, yang dimana untuk bisa bermain, kamu harus memilki salah satu karakter Axies atau hewan peliharaan digital di dalam game.

Dimana karakter Axies ini dijadikan sebagai NFT, yang diperjualbelikan di marketplace NFT milik mereka.

Pastinya selain Axie Infinity, sudah banyak contoh-contoh game NFT, baik itu yang sudah dirilis atau akan segera dirilis kedepannya.

5. Identitas / Domain

kegunaan nft yang kelima
kegunaan nft sebagai identitas atau domain

Selain gambar dan musik, NFT juga bisa berbentuk sebagai sebuah domain, atau identitas kita di dunia Web 3.

Contohnya seperti penggunaan domain sebagai pengganti alamat dompet kripto kita agar mudah diingat. Serta sebagai domain suatu halaman website, dan pasti masih banyak lagi kegunaan NFT lainnya.

6. Collectible

fungi nft yang keenam
fungsi nft dimata para kolektor

Nah, bagi kamu yang hobinya koleksi NFT yang unik dan menarik, terdapat banyak contoh proyek NFT, dengan berbagai kategori yang sifatnya Collectible. Contoh yang terkenal yaitu proyek dari Doodles dan Azuki.

Bagi kamu yang suka gambar karakter dari Doodles, kamu bisa membeli dan memiliki salah satu NFT milik mereka. Serta bagi pencinta karakter Anime, kamu bisa membeli NFT Azuki.

7. Redeemable

NFT juga bisa memiliki sifat atau kegunaan yang dapat ditukarkan. Maksudnya adalah ketika kamu membeli atau mengkoleksi salah satu NFT, kamu bisa tukarkan ke dalam produk atau benda yang nyata secara fisik. Sudah banyak contoh proyek NFT yang menggunakan cara ini.

8. Masuk ke Metaverse

NFT juga bisa dijadikan pintu gerbang, atau berfungsi sebagai item-item aksesori untuk masuk ke dunia Metaverse, yang waktu itu digadang-gadangkan dan dipopulerkan oleh Facebook (Meta).

Jadi fungsi NFT di Metaverse yaitu bisa berupa sebagai tanah virtual yang diperjualbelikan di marketplace NFT. Dimana ketika kamu membeli salah satu tanah virtual tersebut, maka kamu bisa gunakan untuk berbagai keperluan yang bisa dijadikan sebagai bentuk investasi.

9. Trading NFT dan Investasi NFT

Selain kita bisa mendapatkan uang dengan menjual NFT kita di marketplace NFT. Kita juga bisa mendapatkan uang dengan menjual kembali NFT tersebut untuk meraih profit atau keuntungan. Dimana biasa orang menyebutnya sebagai filpers.

Cara lainnya kamu juga bisa jadikan investasi atau holder, dimana kedepan bisa jadi nilai atau harga NFT yang kamu miliki bisa naik pesat atau biasa orang menyebutnya “to the moon”.

Baca juga:

Itulah dia daftar jenis dan kegunaan NFT, beserta manfaatnya sendiri yang dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan. Semoga artikel ini bisa jadi referensi untuk kamu.

reference: thread @hey_bernie twitter

Leave a Reply