Fathurrahman Seorang blogger biasa ,yang baru menyukai teknologi Wordpress. Serta senang belajar teknologi komputer dan internet. Moto :" Keep Learning , Keep Contribute"

Cara Mengganti Halaman URL Login

1 min read

cara mengetahui sebuah website yang menggunakan memakai wordpress cms server apa

Dibalik kelebihan dari kepopuleran cms WordPress ,yang banyak digunakan oleh kalangan developer di seluruh dunia. Pastinya terdapat kekurangan atau kelemahan WordPress , yang patut harus kita perhatikan, yaitu mengenai celah keamanan yang ada didalamnya. Salah satu contohnya tentang url halaman login yang secara default tersetting, menjadi www(.)websitekalian(.)com/wp-admin atau /www(.)websitekalian(.)com/wp-login.

Dengan alamat url bawaan tersebut , pastinya banyak para user atau peretas lain yang ingin mencoba mengakses atau mengambil alih situs web wordpress kita, lalu mencoba beberapa kombinasi password secara terus menerus , teknik ini biasa disebut juga dengan istilah brute force attack . Untuk itu dibutuhkan pencegahan atau penanganan khusus untuk meningkatkan keamanan ,yaitu dengan mengganti atau mengubah url wp admin/wp login default ,dengan url yang kita setting.

Pada artikel kali ini, teknoding akan membahas tentang, bagaimana cara mengganti atau merubah url wp admin login , menggunakan plugin WPS Hide Login. Selengkapnya berikut mari kita simak lebih lanjut :

Apa Fungsi plugin WPS Hide Login ?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Fungsi plugin WPS Hide Login adalah untuk melindungi situs web kalian dengan mengubah url login , dan mencegah akses ke halaman wp-login.php ,dan juga wp-admin , untuk orang yang kita tidak kenal. Untuk itu kalian bisa memasang atau menginstall plugin ini pada situs web WordPress kalian.

  1. Pertama-tama kalian bisa kunjungi situs WPS Hide Login.
  2. Atau kalian bisa pilih menu Plugins > pilih Add New.
  3. Lalu kalian bisa mencari plugin tersebut , dengan mengetikan kata kunci “wps hide login”
  4. Jika sudah tampil , selanjutnya pilih tombol Install Now ,lalu Activate.
  5. Untuk mulai mensettingnya, kalian pilih menu Settings > lalu pilih General. Seperti yang ditunjukan pada gambar di bawah :
general setting url wps hide login wordpress
Settings> General > WPS Hide Login

Untuk mensettingnya kalian cukup mengganti url yang kalian tentukan , pada bagian Login url. Setelah itu jika seseorang ingin mencoba mengakses wp-login.php , atau wp-admin direktori , akan secara otomatis redirect ke 404 not found. Seperti yang bisa kalian lihat pada bagian Redirection url. Jika sudah kalian setting dengan benar , kalian bisa pilih tombol Save Changes.

Demikian artikel tentang, bagaimana cara mengganti atau merubah url wp admin login , menggunakan plugin WPS Hide Login. Semoga bisa membantu keamanan situs web kalian ,yang menggunakan platform WordPress , terutama self hosting WordPress.org.

Fathurrahman Seorang blogger biasa ,yang baru menyukai teknologi Wordpress. Serta senang belajar teknologi komputer dan internet. Moto :" Keep Learning , Keep Contribute"

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *