Fathurrahman Seorang blogger biasa ,yang baru menyukai teknologi Wordpress. Serta senang belajar teknologi komputer dan internet. Moto :" Keep Learning , Keep Contribute"

Cara Mengetahui Theme WordPress Orang Lain

1 min read

cara mengetahui nama themes template website wordpress yang di pakai orang lain

Seperti yang kita ketahui , Theme atau Template memang menjadi salah satu identitas pada suatu website, khususnya bagi yang menggunakan cms WordPress. Theme juga yang merupakan salah satu fitur yang membedakan WordPress dengan cms seperti Blogger.

Banyaknya theme yang tersedia di repository WordPress.org, dan juga yang bertebaran di internet. Dari yang terbaik ,terpopuler ,sampai yang terburuk. Terkadang membuat kita bingung, ingin menggunakan atau menerapkan theme yang mana.

Sebenarnya memilih theme itu, bukanlah perkara mudah. Kita harus memilih theme bukan hanya , karena desain tampilannya yang bagus dan menarik. Tapi kita juga harus mementingkan dari segi faktor kecepatan, SEO ,Responsive, dan lain sebagainya.

Cara mudahnya, kita bisa menggunakan theme yang telah dipakai orang lain. Dikarenakan theme tersebut dirasa cocok diterapkan pada website kita. Untuk itu, kita bisa lakukan caranya ,dengan mencari tahu apa nama theme wordpress yang dimaksud. Selengkapnya, akan dijelaskan pada artikel teknoding kali ini:

Sebelum itu , jika kalian ingin mengetahui nama theme, yang sedang digunakan oleh orang lain. Pastikan juga bahwa, website tersebut telah menggunakan WordPress.

Cara pertama , kalian bisa mengetahui nama theme yang digunakan , dari footer credit pada website tersebut. Contohnya , seperti pada gambar di bawah :

Contoh footer credit themes wordpress
Contoh footer credit themes wordpress

Seperti yang kalian lihat ,pada gambar di atas. Dimana footer credit tersebut menunjukan bahwa, Nama thema tersebut adalah Sparkling , serta didesain atau dikembangkan oleh Colorlib. Serta menggunakan cms WordPress.

Cara 2 : Menggunakan Tool Online

Cara kedua , kalian bisa kunjungi situs web WhatWpThemeIsThat. Disini kita bisa mengetahui theme yang digunakan ,dari tool yang disediakan pada website tersebut.

Pada kolom yang tersedia ,masukan alamat website , yang ingin kalian cari tahu nama themenya. Jika sudah, kalian tekan enter, atau pilih tombol search.

Sebagai contoh , setelah kalian memasukan alamatnya , akan muncul detail themenya di bagian bawah.

What WordPress Theme Is That
What WordPress Theme Is That

Selain itu , lewat tool online ini , kalian juga bisa mendeteksi plugin yang sedang digunakan , pada website tersebut.

Alternatif Tool Online lainnya :

Cara 3 : Menginstall Ekstensi Chrome

Cara ketiga , yaitu lewat ekstensi Chrome, yang bernama WordPress Theme Detector and Plugin Detector.

Untuk menginstallnya, kalian pilih tombol Add Chrome

wordpress themes detector and plugin detector ekstensi chrome
WordPress Theme Detector and Plugin Detector

Setelah terinstall dengan baik, kalian pilih icon WordPress di bagian pojok kanan atas. Secara otomatis , ekstensi tersebut akan mendeteksi, atau mengenal theme WordPress ,dari website yang sedang kalian kunjungi.

ekstensi chrome Detected WordPress Theme
Detected WordPress Theme

Cara 4: Mengetahui Lewat Page Source

Cara keempat ,yaitu lewat page source atau sumber halaman, pada browser Chrome.

Langsung saja kalian klik kanan, lalu pilih Lihat Sumber halaman , atau jika kalian menggunakan bahasa inggris pilih View Page Source , atau kalian langsung saja tekan kombinasi tombol CTRL + U.

mengetahui website theme wordpress lewat sumber source code halaman
Lihat sumber halaman

Selanjutnya kalian tekan tombol CTRL+ F ,lalu ketikan kata kunci “themes”.

Nama Themes WordPress lewat Page Source Sumber Halaman Chrome
Themes

Seperti yang kalian lihat pada gambar diatas. Pada folder themes ,terdapat folder yang bernama cheerup, yang merupakan nama tema pada website tersebut.

Selesai , setelah itu jika sudah mendapatkan nama theme yang dicari. Selanjutnya kalian bisa mulai menginstall theme wordpress , pada website yang sedang kalian gunakan.

Fathurrahman Seorang blogger biasa ,yang baru menyukai teknologi Wordpress. Serta senang belajar teknologi komputer dan internet. Moto :" Keep Learning , Keep Contribute"

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *