Perbedaan Barcode dan Kode QR

Perbedaan Barcode dan Kode QR – Apa saja bedanya Barcode dengan Kode QR? Sebagian orang mungkin masih ada yang keliru, dan masih belum bisa membedakan antara Barcode dan Kode QR (QR Code).

Nah, bagi kalian yang masih belum tahu perbedaan antara Barcode dan Kode QR. Selengkapnya bisa simak perbandingan Barcode dangan Kode QR berikut ini.

Perbedaan Barcode dan Kode QR

Apa itu Barcode?

perbedaan barcode dan qr code
Contoh Barcode

Barcode adalah kode batang yang secara kegunaan sama seperti kode QR. Barcode biasa digunakan oleh toko atau pabrik untuk mendeteksi stok barang yang berada di gudang dengan mudah dan cepat.

Barcode memudahkan karyawan untuk melakukan tracking pada barang, sehingga karyawan tidak perlu lagi secara manual memasukan angka satu-persatu.

Nantinya ketika karyawan melakukan proses scanning, semua data akan terekam otomatis ke dalam komputer.

Barcode juga biasa digunakan untuk menentukan harga suatu barang, contohnya seperti saat kita membeli barang, lalu kasir melakukan proses scanning pada barang tersebut.

Apa itu Kode QR?

perbedaan kode qr dan barcode
contoh kode qr

Sedangkan kode QR adalah suatu gambar berbentuk kotak yang dapat dibaca (scanning) dengan menggunakan QR Code Reader untuk mengambil data.

Untuk mengetahui data atau informasi yang ada di Kode QR, kita bisa gunakan kamera yang ada di Smartphone, lalu kita scanning kode QR tersebut. Sama halnya seperti kita mengambil foto dengan kamera HP.

Bedanya kita hanya perlu arahkan kamera HP ke kode QR, lalu seketika akan muncul informasi dari kode QR tersebut.

Kode QR biasa digunakan untuk berbagai keperluan, seperti login akun Telegram di Laptop/PC, untuk pembayaran digital, sarana promosi produk, dan lain sebagainya.

Baca juga: Cara Scan Kode QR di HP Sendiri

Perbandingan Antara Barcode dengan Kode QR

Sebenarnya jika kita bandingkan antara Barcode dan Kode QR, secara fungsi hampir sama. Namun, salah satu perbedaan besarnya terletak pada data yang dapat disimpan.

Kode QR dapat menyimpan data yang lebih besar dibandingkan dengan Barcode. Secara bentuk juga Kode QR memiliki bentuk yang berbeda yaitu kotak besar. Sedangkan Barcode memiliki bentuk baris batang atau persegi panjang.

Berikut perbandingan antara Barcode dengan Kode QR dalam bentuk tabel:

BarcodeKode QR
Dikembangkan di tahun 1952 Dikembangkan di tahun 1994
Dikembangkan oleh Norman Joseph Woodland Dikembangkan oleh Masahiro Hara
Memiliki 2 Tipe, 1 Dimensi dan 2 DimensiHanya memiliki 1 Tipe
Dapat menyimpan kumpulan angka yang dapat dicetak, dan dapat dipahami oleh komputerJenis 2D Barcode yang merupakan representasi data yang dapat dipindai untuk pengambilan data
perbandingan barcode dengan kode qr

Itulah dia artikel tentang perbedaan barcode dan kode QR. Semoga bisa membantu kalian.

Leave a Comment