Fathurrahman Seorang blogger biasa ,yang baru menyukai teknologi Wordpress. Serta senang belajar teknologi komputer dan internet. Moto :" Keep Learning , Keep Contribute"

Mengenal Perbedaan Category dan Tag

1 min read

pengenalan-pengertian-apa-itu-plugin-wordpress-contohnya-22

Category dan Tag di digunakan untuk mengklasifikasikan atau mengelompokan jenis konten artikel kita. Ketika kita menulis atau mengedit postingan artikel kita di WordPress, akan muncul  fiturnya di bagian sidebar sebelah kanan.

Untuk para pemula yang baru mulai menggunakan WordPress mungkin akan sangat kebingungan menggunakan keduanya.

Apalagi jika sebelumnya kalian menggunakan Blogger. Hal ini juga yang membedakan pengelompokan konten di Blogger dengan WordPress,  yang dimana untuk mengelompokan konten artikel di Blogger mengunakan 1 saja yaitu Label.

Kategori dan Tag merupakan 2 cara untuk membuat suatu kelompok konten artikel , pada situs web yang menggunakan WordPress.

Jika diartikan secara sederhana, kategori adalah label secara umum untuk konten artikel. Sedangkan Tag adalah suatu tanda untuk mendeskripsikan konten artikel lebih detail atau spesifik lagi.

Pada artikel kali ini, teknoding akan mengenalkan tentang Contoh Perbedaan Kategori dan Tag di WordPress. Selengkapnya berikut mari kita simak lebih lanjut :

Mengenal Apa itu Category di WordPress

Secara singkat kategori adalah metode pengelompokan konten yang paling umum , yang digunakan pada situs web WordPress. Sebuah kategori dapat merepresentasikan suatu topik atau kelompok topik yang terkait  satu sama lain.

Terkadang saat kita membuat suatu postingan artikel , kita menggunakan banyak kategori secara bersamaan. Bagaimanapun juga ,menyematkan 3 sampai 4 kategori bukanlah ide yang terbaik. Jadi sebaiknya kita gunakan satu atau dua saja , ini ditujukan untuk mengatur konten artikel kalian , agar telihat rapi ,serta untuk memudahkan pengunjung atau pembaca.

Sebagai contoh , jika kalian menulis postingan artikel tentang berita , maka kalian bisa menambahkan kategori Berita. Lalu kalian pilih tombol Add New Category. Seperti yang ditunjukan pada gambar di bawah:

add new category wordpress
Add New Category

Secara default, saat kita pertama kali menulis atau mengedit postingan artikel pertama di WordPress. Kategori yang tersetting secara bawaan atau default bernama Uncategorized.

Untuk dapat mengatur semua kategori dan mengeditnya secara manual , kalian bisa pilih Menu Posts> lalu Categories. Lebih jelasnya seperti pada gambar di bawah :

menu posts categories wordpress
Menu Categories

Mengenal Apa itu Tag di WordPress

Tag adalah cara terbaik untuk mendeskripsikan konten artikel kalian , menjadi lebih spesfik dan detail ,dengan menggunakan kata kunci tertentu. Perlu kalian ketahui juga , perbedaan utama antara kategori dan tag itu ,terletak pada cara penggunaanya. Jika kategori ditujukan untuk mengelompokan tipe atau jenis postingan artikel (topik besar). Tag penggunaanya lebih mendalam , terkait hal-hal yang dibicarakan pada postingan artikel kalian(Turunan Topik).

Sebagai contoh,  jika saya menuliskan postingan artikel yang berjudul tentang , Lalu Muhammad Zohri yang menjadi Juara Dunia  Atletik U-20 . Maka saya bisa menambahkan tag berikut : Lalu Muhammad Zohri , Atletik , Kejuaran Dunia U-20.  Kalian bisa menambahkan tag nya, di bawah kategori.  Kalian bisa perhatikan caranya pada video GIF di bawah :

cara menambahkan add tag di wordpress
Add Tags

Agar dapat mengatur semua tag dan mengeditnya secara manual , kalian bisa pilih Menu Posts> lalu Tags. Lebih jelasnya kalian bisa perhatikan gambar di bawah :

menu post tags wordpress
Menu Tags

Contoh Penggunaan Category dan Tag 

Bagi kalian yang masih bingung , berikut saya buat contoh  judul artikelnya , untuk penerapan kategori dan tag:

  • Judul Artikel   : Berikut Manfaat Buah Jeruk dan Buah Pisang Untuk Kesehatan
    • Kategori   : Buah
    • Tag              : Jeruk , Pisang ,Kesehatan

Fathurrahman Seorang blogger biasa ,yang baru menyukai teknologi Wordpress. Serta senang belajar teknologi komputer dan internet. Moto :" Keep Learning , Keep Contribute"

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *