Fathurrahman Seorang blogger biasa ,yang baru menyukai teknologi Wordpress. Serta senang belajar teknologi komputer dan internet. Moto :" Keep Learning , Keep Contribute"

Cara Meredirect URL Halaman

1 min read

cara redirect url 301 halaman domain link di wordpress

Saat kalian mengunjungi suatu halaman website di internet , lewat link yang kalian klik atau pilih. Pasti kalian pernah notice, atau memperhatikan pada alamat url yang berubah tiba-tiba dialihkan. Seperti contohnya, ketika kalian ingin mendownload suatu file, di website tertentu.

Sebelum kalian bisa mendownload file yang dimaksud, kalian akan diarahkan, pada halaman tertentu terlebih dahulu. Setelah itu baru kalian akan diarahkan ke file download. Itulah salah satu contoh dari redirect url halaman.

Jadi Apa itu Redirect URL ?

Redirect(Pengalihan) adalah suatu cara untuk mengarahkan visitor atau pengunjung , dari website sendiri atau websie lain , dari satu url ke url yang lainnya. Cara ini sangat berguna , jika kalian ingin memindahkan konten artikel dari url yang terbaru. Ketika halaman sebelumnya , kalian hapus , atau kalian sudah mengganti nama domain baru.

Terdapat macam tipe redirect ,yang berdasarkan pada status response code HTTP 3xx. Salah satu yang biasa digunakan adalah 301.

Apa itu Redirect 301?

Redirect 301 adalah adalah salah satu jenis redirect permanent, yang mengalihkan satu url ke url lainnya. Redirect 301 akan mengarahkan visitor ,dan mesin pencari , ke url yang berbeda dari yang mereka ketik pada browser, atau yang dipilih pada halaman hasil pencarian. Selengkapnya tentang Redirect 301.

Nah , bagi kalian yang mempunyai website ,yang menggunakan cms WordPress. Kalian bisa, melakukan redirect url halaman , lewat plugin yang tersedia di wordpress.org. Selengkapnya , akan dijelaskan pada artikel teknoding kali ini:

Cara Redirect URL Halaman lewat Plugin :

Terdapat banyak plugin yang digunakan untuk redirect url halaman, namun salah satu yang terbaik , dan saya rekomendasikan adalah Redirection.

Redirection adalah salah satu plugin yang digunakan untuk manajer redirect, yang paling populer di wordpress. Dengan plugin ini , kalian bisa mengatur redirect 301 , melacak eror 404 , serta fitur lainnya yang bisa kalian gunakan. Langsung saja kita coba :

  • Pada menu admin kalian pilih Plugins , lalu Add New.
dashboard wordpress menu plugin install add new
Plugins > Add New
  • Lalu kalian bisa mencari plugin tersebut , dengan mengetikan kata kunci “redirect”.
Plugin Redirection WordPress
Redirection
  • Jika sudah ketemu , selanjutnya kalian pilih tombol Install Now , dan Active.
  • Setelah itu , pada halaman menu admin , pilih menu Tools > Redirection.
Tools > Redirection WordPress
Tools > Redirection

Pada bagian menu Redirection , jika kalian baru pertama kali menginstall plugin ini , maka tampilan awalnya akan seperti pada gambar di bawah:

Welcome to Redirection
Welcome to Redirection

Ini hanya pengenalan awal saja , langsung saja pilih tombol Start Setup sampai selesai.

Menambahkan URL Redirect

Jika sudah , untuk menambahkan url yang akan diredirect dari url yang lama ke url baru. Kalian pilih tombol Add New.

Add New Redirect
Add New Redirect

Pada kolom isian Source URL : Kalian masukan alamat url yang lama. Lalu pada bagian Target URL , kalian masukan alamat url yang baru. Jika sudah pilih tombol Add Redirect.

Selanjutnya , untuk mengecek apakah redirect berhasil atau tidak , kalian bisa masukan alamat url lama , atau kalian bisa pilih tombol Check Redirect.

Check Redirect
Check Redirect

Jika kalian tidak ingin menggunakan plugin ini. Kalian bisa menggunakan Yoast SEO Premium , yang menyediakan fitur redirect manager.

Demikan artikel tentang Cara Meredirect URL Halaman di WordPress. Semoga bisa membantu kalian. Redirect juga bisa gunakan , ketika kita menonaktifkan archive author page.

Fathurrahman Seorang blogger biasa ,yang baru menyukai teknologi Wordpress. Serta senang belajar teknologi komputer dan internet. Moto :" Keep Learning , Keep Contribute"

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *