Cara Memilih Hosting Terbaik Khusus Pemula

Tips memilih hosting merupakan hal yang harus kamu perhatikan agar layanan hosting yang kamu pilih memberikan performa terbaik untuk website.

Seperti apa tips memilih hosting yang benar? Layanan hosting merupakan sebuah ‘rumah’ bagi sebuah website. Maka dari itu, kamu perlu berhati-hati di dalam memilih hosting yang tepat. Banyak hal yang mesti kamu perhatikan.

Kamu perlu fokus terkait prioritasmu dalam membuat website. Saat ini banyak web hosting murah yang bisa kamu dapatkan, namun hosting dengan kualitas terbaik di Indonesia bisa kamu dapatkan di Niagahoster. Mengapa? karena Niagahoster sudah memiliki kredibilitas dan dipercaya oleh jutaan pelanggan. Nah, sebelum membelinya, yuk simak cara memilih hosting yang pas di artikel berikut!

Cara Memilih Hosting Terbaik Khusus Pemula
Cara Memilih Hosting Terbaik Khusus Pemula

Apa Itu Hosting?

Sebelum membahas seputar tips memilih hosting, kamu perlu tahu apa itu hosting. Hosting merupakan tempat menyimpan berbagai data atau file website yang membuat banyak orang bisa mengaksesnya melalui internet.

Data maupun file tersebut bisa dalam bentuk gambar, video, script, email, aplikasi, serta database. Tanpa memiliki hosting, sudah tentu kamu tidak dapat membuat website. Maka dari itu, ketika ingin mendirikan sebuah website maka kamu perlu menyewa layanan hosting.

Hosting yang Pas Itu Bagaimana?

Sebagai pemilik website, tips memilih hosting yang benar adalah memahami seperti apa kriteria hosting terbaik. Setidaknya ada empat kriteria penting ketika kamu ingin memilih sebuah layanan hosting.

1. Kecepatan

Perhatikan bahwa layanan hosting yang akan kamu pilih dapat mendukung performa server. Beberapa contohnya yaitu storage, bandwidth, serta plugin otomatisasi untuk kecepatan website.

2. Keamanan

Hosting yang terbaik adalah yang memiliki sistem keamanan yang bisa diandalkan. Pastikan layanan tersebut memberikan jaminan terhadap keamanan website. Misalnya layanan hosting yang menyediakan layanan gratis SSL, proteksi malware, dan DDoS.

3. Tim Support

Kita tidak tahu kapan website mengalami masalah. Ketika terjadi masalah biasanya pemilik website akan menghubungi CS hosting. Carilah hosting yang memberikan layanan support selama 24/7.

Selain itu, pilih yang memberikan beberapa opsi layanan seperti melalui email, live chat, dan phone support.

4. Stabilitas

Hosting yang terbaik adalah memudahkan kamu untuk berkembang. Misalnya hosting yang memberikan penawaran menarik melalui paket-paket berlangganan sesuai kebutuhan website.

Kosakata di Hosting

Sebelum mengetahui tips memilih hosting, kamu juga perlu memahami kosakata pada hosting sebagai berikut:

1. Bandwidth

Kuota, volume, atau kapasitas jaringan internet untuk menerima maupun mengirim data per detik. Bisa juga merupakan kapasitas maksimum sebuah hosting dalam menerima dan mengirimkan data.

2. SSD Disk Space

Media penyimpanan dengan non-volatile memory serta tidak menggunakan piringan magnet seperti halnya hardisk konvensional. Layanan hosting berkualitas sudah tentu menyediakan SSD.

3. Nodes

Bagian dari sistem komputer untuk menghubungkan satu perangkat dengan perangkat lainnya. Ketika nodes penuh, akan berpengaruh pada kinerja hosting.

4. CPU

Perangkat keras yang merupakan otak komputer untuk mengatur seluruh aktivitas aplikasi dan software. CPU bertugas mengeksekusi instruksi software (situs web).

5. RAM

Penyimpanan data sementara dan kapasitasnya berpengaruh terhadap performa komputer.

6. IO serta IOPS

IO adalah kecepatan membaca serta menulis dari sebuah hardisk per detik. Baik IO dan IOPS akan berpengaruh pada kecepatan hosting. IOPS akan mengatur jumlah proses download dan upload per detik.

7. Memcached, Akses SSH, DNS Manager, FTP

Memcached adalah fitur untuk membuat aplikasi web lebih cepat. Sementara SSH adalah sistem keamanan untuk mengecek aktivitas server, melihat, memantau direktori, serta mengatur ulang server.

DNS Manager adalah control panel untuk mempermudah pengelolaan DNS. Kemudian FTP merupakan sebuah protokol transfer yang mempermudah proses pengelolaan unggahan file pada website.

8. VMEM dan PMEM

VNEM merupakan memori virtua menggunakan SSD. Sementara PMES adalah memori fisik menggunakan RAM. Semakin banyak PMES untuk hosting, semakin cepat pemrosesan data di website.

9. EP dan ENPROC

EP berperan mengelola skrip web yang berjalan setiap kali kamu mengakses website. ENPROC merupakan nomor entry process yang mengelola berbagai skrip, database, dan aplikasi website.

Tips Memilih Hosting

Beberapa hal penting saat memilih hosting yang tepat untuk pemula yaitu:

1. Perhatikan Performa Server

Sebelum memilih hosting, pastikan kamu mengetahui seperti apa kualitas layanan servernya dan perhatikan spesifikasi server penyedia layanan hosting. Kamu bisa mendapatkan informasi ini melalui Customer Support.

2. Tim Support 24/7

Sangat penting memilih hosting dengan tim support yang memberikan bantuan selama 24 jam. Jadi layanan hosting akan siap kapan saja untuk membantumu menyelesaikan kendala yang ada.

Tim support yang profesional juga memberikan beberapa opsi komunikasi seperti melalui email, live chat, atau panggilan telepon.

3. Mengecek Harga Paketnya

Tips memilih hosting berikutnya yaitu mengecek harga paketnya. Apakah uang yang kamu keluarkan nanti sesuai dengan layanan atau paket yang kamu dapatkan. Kamu bisa membandingkan rincian spesifikasi serta jenis paket berikut harganya.

4. Mengetahui Kebijakan Layanan Hosting

Biasanya salah satu kebijakan yang ditawarkan layanan hosting adalah uang kembali. Ini merupakan garansi terbaik yang secara tidak langsung layanan hosting tersebut memberikan jaminan bahwa layanan tersebut mampu memuaskan para pelanggan.

Sudah Paham Tips Memilih Hosting?

Itulah beberapa kriteria penting dan tips memilih hosting. Setelah memperhatikan kriteria tersebut, maka hosting tersebut akan memberikan layanan untuk mendukung performa dan perkembangan website-mu. Jadi, sudah siap memiliki website yang berkualitas sekarang juga? Semoga berhasil!

Leave a Comment