Fathurrahman Seorang blogger biasa, yang menyukai teknologi Wordpress . Serta senang belajar teknologi komputer, internet, dan android, dan membaca buku.

Kelebihan dan Kekurangan Mac OS X

3 min read

kelebihan dan kekurangan mac os

Apa saja kelebihan dan kekurangan dari Mac OS X ? Jika dibandingkan dengan OS lainnya seperti Windows, dan Linux . Selengkapnya, akan dijelaskan pada artikel teknoding kali ini.

Pengertian โ€“ Apa itu Mac OS X?

pengertian apa itu mac os x
Logo Mac OS X (source Wikipedia)

Mac OS atau yang bisa disebut juga dengan OS X, adalah sistem operasi yang secara eksklusif digunakan atau dijalankan, untuk produk atau perangkat dari perusahaan Apple.

Seperti perangkat komputer desktop yang bernama Macintosh, sekarang berubah menjadi Mac atau iMac. Mac OS X juga digunakan untuk perangkat laptop, yang bernama Macbook.

Pada awalnya Mac OS X dirilis untuk pasar, pada bulan Maret tahun 2001 oleh perusahaan Apple, dengan nama versi Mac OS X 10.0 Cheetah.

Di tahun 2020 ini, sistem operasi Mac OS yang terbaru, dinamakan dengan versi Mac OS X 10.15 Catalina. Untuk melihat sejarah versi Mac OS yang telah dirilis 20 tahun terakhir, bisa baca selengkapnya disini.

Perkembangan Mac OS X

sejarah timeline linux unix macos x
Sejarah Timeline Unix

Mac OS X pada awalnya dikembangkan dari NeXTSTEP, sistem operasi yang dibangun oleh NeXT, yang diakuisisi oleh Apple pada tahun 1997, ketika Steve Jobs kembali ke Apple.

Perusahaan NeXT menggunakan BSD (Berkeley Software Distribution) sebagai sistem operasi, yang diterapkan pada NextSTEP.

Mac OS juga mendukung banyak teknologi pengembangan seperti UNIX, Java, Cocoa, Carbon runtime, dan beberapa software Open-Source lainnya.

Berikut 7 Kelebihan Mac OS X :

1. Keamanan

Salah satu kelebihan yang dimiliki Mac OS , dibandingkan dengan OS Windows, adalah faktor keamanan.

Mac OS menggunakan sistem dua-layer. Tampilan GUI(Graphical User Interface) yang simple, indah, dan menarik, berada pada kernel UNIX. Seperti yang kita tahu, UNIX terkenal dengan fitur keamananya.

Sehingga Mac OS sangat kebal atau jarang terkena virus. Karena Mac OS juga menggunakan sistem root admin password, sama seperti yang terdapat pada distro-distro Linux.

Mac OS juga secara default, tidak dapat menginstall Aplikasi atau Software di luar dari AppStore. Sehingga memerlukan akses Admin pada bagian Setting, untuk mengijinkannya.

kelebihan dari sistem operasi mac os x adalah keamanan
Tampilan Beranda Mac OS High Sierra

2. Disarankan Untuk Designer dan Developer

Mac OS X juga merupakan sistem operasi yang banyak disarankan untuk para designer dan developer. Bukan berarti OS Windows dan Linux tidak bagus atau tidak disarankan.

Namun, banyak fitur dan kemampuan yang ada di Mac OS X, sangat membantu dan menunjang pekerjaan, khususnya untuk designer dan developer.

Sehingga banyak juga beberapa user atau pengguna Mac OS, yang memberikan testimoninya. Setelah menggunakan Mac OS, mengalami peningkatan produktivitas.

3. Terintegrasi dengan produk Apple

Mac OS X secara otomatis akan mengenali dan bekerja dengan produk Apple lainnya. Seperti Apple Watch, iPhone, dan iPad.

Selain itu juga fitur sinkronisasi secara real-time, dapat digunakan pada kedua produk Apple. Salah satu contohnya, jika kita copy artikel lewat iPhone kita. Secara langsung, kalian bisa paste lewat Mac OS kalian.

Dengan syarat, kalian harus login pada Apple ID yang sama, pada kedua perangkat tersebut.

4. Membaca file system Windows

Secara default, Mac OS X hanya bisa membaca file system yang ada di Windows seperti NTFS, dan FAT32(Read Only).

Jika ingin menulis ke file system, kalian harus menggunakan software tambahan seperti NTFS for Mac dari Paragon.

5. Mudah digunakan (User Friendly)

Semua antarmuka (User Interface) yang disajikan pada Mac OS X, dapat sangat mudah digunakan, dan siap dipakai untuk berbagai keperluan.

Fitur Multi tasking , yang sangat membantu kita berpindah dari layar satu ke layar lainnya.

Serta beberapa Aplikasi yang secara default atau bawaan, dapat langsung kita gunakan, tanpa perlu download dan install terlebih dahulu.

6. Fitur Backup (Time Machine)

Time Machine adalah salah satu fitur untuk backup dan restore yang sangat powerfull.

Kalian hanya perlu siapkan 1 hardisk untuk backup, lalu Time Machine akan mendeteksi hardisk tersebut, dan bisa secara otomatis mencadangkan seluruh sistem dan data yang ada di Mac OS X kalian.

Fitur ini sangat berguna sekali, jika suatu saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Meskipun, Mac OS masih bisa dibilang terkenal dengan sistem kestabilannya.

7. Dual Boot dengan Windows

kelebihan dari sistem operasi mac os x adalah
iMac Apple

Bagi kalian yang mempunyai real Mac asli baik iMac atau Macbook. Kalian bisa gunakan aplikasi Boot Camp Assistant, yang digunakan untuk dual boot, dengan Windows 10.

Selain itu juga, Mac OS X dapat menjalankan beberapa Program Aplikasi Windows 10, secara bersamaan.

Jadi perangkat komputer atau laptop kalian, bisa juga digunakan untuk menjalankan sistem operasi Windows 10.

Baca juga : 10+ Kelebihan dan Kekurangan Windows

Berikut 4 Kekurangan Mac OS X :

1. Harga Mahal

Salah satu kekurangan atau kelemahan Mac OS X dibandingkan dengan Windows, adalah harga perangkatnya yang sangat mahal.

1 iMac atau 1 Macbook, bisa membeli beberapa komputer dan laptop,yang menggunakan OS Windows.

Namun pastinya, harga yang ditawarkan sangat worth it , dengan kualitas yang disajikan.

2. Main Game

kekurangan sistem operasi Mac OS adalah main game
ilustrasi main game di Mac OS X

Melakukan aktivitas gaming, menggunakan Mac OS X sebenarnya tidak disarankan. Karena sistem operasi ini memang bukan ditujukan untuk bermain game.

Terkecuali memang game-game standar, yang tidak membutuhkan spesifikasi tinggi. Itu juga sangat sedikit jumlahnya, yang mendukung sistem operasi Mac OS.

Para developer game, memang lebih mengutamakan platform Windows, ketimbang Mac OS, untuk urusan pengembangan game.

Karena Windows memang sistem operasi yang sangat powerfull, untuk para gamer.

3. Fleksibilitas Upgrade

Kekurangan dari perangkat-perangkat yang menggunakan Mac OS X, adalah pilihan untuk upgrade sangat terbatas.

Seperti contohnya , komponen hardware yang ada di Macbook dan iMac, seperti Prosessor atau memori RAM, tidak bisa diupgrade dengan mudah.

Karena sebagian besar komponen ini, sudah terikat secara built-in , dan diintegrasikan dengan komponen hardware yang lainnya.

4. Sedikit pilihan Software

Untuk ketersediaan software atau aplikasi, Windows masih menjadi yang terbanyak hingga saat ini. Dikarenakan Windows, ditujukan untuk berbagai kalangan, baik itu dari kalangan ke bawah sampai ke atas.

Sehingga marketnya lebih luas bila dibandingkan dengan Mac OS X, yang hanya ditujukan untuk kalangan menengah ke atas.

Baca juga : 10+ Kelebihan dan Kekurangan Linux

Demikian artikel tentang kelebihan dan kekurangan sistem operasi Mac OS X. Semoga bisa menjadi bahan referensi atau perbandingan untuk kalian.

Fathurrahman Seorang blogger biasa, yang menyukai teknologi Wordpress . Serta senang belajar teknologi komputer, internet, dan android, dan membaca buku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *