Perbedaan Format File ZIP dan RAR

Apa saja perbedaan antara jenis format file ZIP dan RAR ? Selengkapnya akan dijelaskan pada artikel berikut ini.

Bagi kalian yang sudah lama menggunakan PC atau Laptop setiap harinya. Pasti sudah sangat sering mengetahui jenis Format File ZIP dan RAR, yang sering kita jumpai saat kita mendownload suatu file di internet.

Kedua format file tersebut (ZIP dan RAR), adalah jenis format file yang fungsinya digunakan untuk mengkompress semua file yang digabung menjadi satu file, dalam ukuran yang lebih kecil.

Nah, sebagian dari kalian mungkin masih ada yang belum tahu bedanya jenis file RAR dengan ZIP. Untuk itu, kalian bisa simak beberapa perbedaan ZIP dan RAR berikut ini:

Perbedaan Jenis Format File ZIP dengan RAR

1. Pengertian Apa itu ZIP dan RAR

Apa itu ZIP ?

  • ZIP merupakan salah satu format file yang mendukung pengarsipan dan kompresi data. ZIP merupakan format file yang sudah banyak digunakan dan didukung, oleh beberapa software secara built-in (bawaan), pada sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS X.

Apa itu RAR ?

  • RAR merupakan kepanjangan dari Roshal Archive, yang juga mendukung kompresi data dan pengarsipan. Serta RAR juga merupakan file format arsip yang mempunyai hak milik atau hak paten.
  • Tidak seperti ZIP yang sudah didukung secara bawaan, format file RAR membutuhkan software pihak ketiga, untuk bisa membuat dan membuka dan extract file RAR (.rar).
  • Software tersebut biasa kita kenal sebagai WinRAR.

2. Perbandingan ZIP dan RAR

Berikut tabel perbandingan antara format file ZIP dengan RAR :

KetZIP RAR
Nama file ekstensi.zip, zipx (algoritma kompresi baru).rar, .rev, .r01, .r00
Tipe Media di Internetapplication/zipapplication/x-rar-compressed
Nama Pengembang Phil KatzEugene Roshal
Awal Rilis19891993
Jenis EnkripsiZIP menggunakan alogritma enkripsi ZIP 2.0 yang cenderung lemah.RAR menggunakan enkripsi AES-128 yang dinilai jauh lebih efisien.
Dukungan SoftwareFile ZIP dapat dibuat dengan banyak software. Contohnya seperti WinRAR, WinZIP, 7-Zip dan lain lain.Sedangkan file RAR dapat dibuat terbatas, hanya dengan menggunakan WinRAR.

3. Efisiensi ZIP dan RAR

perbedaan format file rar dengan zip
perbedaan format file rar dengan zip

Dari segi efisiensi, format RAR dapat mengkompres file jauh lebih baik dibandingkan dengan yang dilakukan oleh format ZIP. Dimana artinya kecepatan kompresi yang dimiliki format RAR juga lebih baik dari format ZIP.

Serta format RAR juga dapat menghasilkan file arsip yang ukuranya lebih kecil daripada file arsip dari ZIP

Baca juga : Cara Membuat File RAR dan ZIP di PC / Laptop Windows 10

Bagi kalian yang tidak punya PC / Laptop, dan hanya dengan bermodalkan HP kalian bisa membuat file RAR dan ZIP di HP Android

Itulah dia beberapa perbedaan yang terdapat pada format file ZIP dengan RAR. Semoga bisa membantu kalian.

Leave a Reply