Fathurrahman Seorang blogger biasa, yang menyukai teknologi Wordpress . Serta senang belajar teknologi komputer, internet, dan android, dan membaca buku.

Kelebihan dan Kekurangan WordPress

3 min read

kelebihan dan kekurangan wordpress

Apa saja Kelebihan dan Kekurangan dari CMS WordPress ? Simak selengkapnya pada artikel teknoding kali ini.

WordPress merupakan salah satu CMS (Content Management System ) yang terpopuler sampai saat ini.

Sekitar 30 % lebih user atau pengguna di seluruh dunia menggunakan CMS WordPress, untuk mengelola blog atau website.

Dengan kepopuleran WordPress tersebut, membuat user atau pengguna yang masih menggunakan platform selain WordPress, ikut tertarik ingin mencobanya. Termasuk mungkin kalian yang sedang membaca artikel ini.

Karena salah satu daya tarik utama dari WordPress , adalah memiliki fleksibilitas yang tidak dimiliki platform lainnya seperti Blogger.

Begitu juga dengan keuntungan lainnya, yang bisa kalian dapatkan. Jika menggunakan WordPress, sebagai CMS untuk mengelola blog atau website kalian.

ngeblog dengan wordpress
ilustrasi – ngeblog dengan WordPress

Pada artikel sebelumnya, teknoding telah membahas tentang Perbedaan Blogger dengan WordPress. Namun masih belum menjelaskan kelebihan dari WordPress, jika dibandingkan dengan Blogger dan platform lainnya.

Bagi kalian yang masih menggunakan Blogger atau platfrom lain. Serta masih ragu ingin beralih ke WordPress.

Selengkapnya, berikut mari kita simak lebih lanjut :

6 Kelebihan WordPress

1. Komunitas Besar

Seiring dengan kepopulerannya, WordPress juga memiliki komunitas besar yang tersebar di seluruh dunia. Banyak komunitas yang siap membantu para pemula, untuk berdiskusi terkait permasalahan yang dihadapi user atau pengguna terkait WordPress.

Khusus di negara Indonesia, kalian bisa bergabung ke grup Facebook WordPress Indonesia. Para suhu atau senior yang berkecimpung di dunia WordPress, siap membantu kalian para pemula.

Pastinya kalian harus bijak sebelum bertanya, jabarkan dengan jelas permasalahannya. Serta pastikan sudah googling dulu, terkait masalah kalian.

2. Open Source

halaman awal situs website wordpress org
WordPress.org

Khususnya untuk WordPress.org, telah dikembangkan secara open source oleh Matt Mullenweg, dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL untuk basis datanya.

WordPress.org ditujukan untuk kalangan developer atau pengguna biasa, yang ingin menggunakan Aplikasi CMS WordPress, untuk alamat web dan hosting mereka sendiri(self hosting).

Semua orang dari kalangan manapun, termasuk mungkin kalian, dapat berkontribusi mengembangkan WordPress, menjadi lebih baik lagi.

3. Sederhana dan Mudah digunakan

Semua orang yang ingin menggunakan WordPress, baik dari itu pengguna biasa, developer, dan designer, dan lain sebagainya. Bisa menggunakan WordPress, tanpa harus mempunyai latar belakang programmer.

Mudah diatur, diperbarui, dan dikelola, dengan WordPress.

Namun, jika kalian seorang programmer akan lebih baik. Karena kalian bisa mengkustomisasi blog atau website, sesuai dengan keinginan kalian.

4. Hemat Biaya

Salah satu keuntungan dengan menggunakan CMS WordPress, kalian bisa hemat biaya untuk membangun sebuah website company profile, atau juga toko online.

Kalian hanya perlu menyewa jasa hosting, lalu install aplikasi CMS WordPress. Kemudian install tema dan install plugin yang diperlukan.

5. Fitur Plugin

fitur plugin di wordpress
Fitur Plugin di WordPress

WordPress menyediakan fitur plugin yang powerfull, untuk blog atau website kalian. Terdapat ribuan plugin yang tersedia di repository WordPress, yang bisa kalian install dan aktivasi.

Bebeberapa plugin memiliki fungsi atau kegunaanya masing-masing, untuk membantu mengoptimalkan website kalian. Contohnya untuk plugin optimasi SEO, kalian bisa gunakan Yoast.

Untuk keamanan kalian bisa gunakan Wordfence. Untuk membuat forum diskusi kalian bisa gunakan plugin yang bernama myBB.

6. Selalu Update

Dengan berkembangnya komunitas WordPress. Serta banyak juga yang turut berkontribusi pengembangan WordPress. Membuat versi WordPress selalu diupdate secara berkala.

Baik itu update secara performa , keamanan, fitur, memperbaiki bug, dan lain sebagainya.

Sehingga membuat user atau pengguna nyaman, ketika menggunakan WordPress.

5 Kekurangan WordPress

1. Loading Website Lambat

Kecepatan loading menjadi salah satu faktor penting, untuk pengalaman visitor (User Experience), ketika pengunjung atau visitor mengakses website kalian.

Untuk itu kalian harus mengoptimasi website kalian, agar visitor tidak kabur karena website kalian lemot saat diakses.

Jadi kalian harus memilih layanan hosting, yang bagus dan terpercaya. Serta plugin yang tepat untuk mengoptimasi kecepatan website.

2. Sering Update

Karena seringnya update versi WordPress. Membuat developer theme dan plugin, harus menyesuaikan dengan versi WordPress yang terbaru.

Terkadang beberapa plugin tidak berfungsi dengan adanya versi yang terbaru.

Sehingga dibutuhkan backup data konten website terlebih dahulu, sebelum melakukan update. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Keamanan

Faktor keamanan juga menjadi satu hal yang penting , yang wajib kalian ketahui, ketika menggunakan WordPress.

Karena jika tidak, akan berdampak buruk bagi keberlangsungan website kalian. Sehingga website kalian, bisa dengan mudah dibobol oleh peretas.

Seperti menggunakan theme atau plugin nulled, yang sembarangan di download di website ilegal (tidak resmi) di internet.

Karena bisa saja kita tidak tahu, bahwa terdapat script atau malware yang terpasang pada theme atau plugin tersebut, yang bisa membahayakan data-data kalian.

4. Kustomisasi

Untuk urusan kustomisasi, kalian harus belajar bahasa pemrograman seperti PHP, dan juga bahasa HTML, CSS, dan Javascript. Untuk membangun website WordPress, yang kalian inginkan.

Jadi tidak disarankan seorang pemula, mengedit seluk beluk isi website. Karena jika salah edit, nantinya bisa-bisa website kalian, tidak bisa diakses karena code error.

5. Sewa Biaya Hosting

Dibandingkan dengan Blogger, yang memiliki bandwith unlimited.

WordPress self host, menawarkan resource yang terbatas, tergantung paket atau plan mana yang kalian pilih.

Kalian bisa konsultasi pada customer service , dari penyedia layanan hosting, tentang paket mana yang tepat untuk awal-awal.

Biasanya untuk orang yang baru menggunakan WordPress, disediakan paket shared hosting yang bisa kalian pilih, untuk penyesuaian dan adaptasi.

Begitu nantinya visitor membludak, mau tidak mau kalian harus upgrade ke paket yang lebih tinggi.

Karena jika tidak, bisa terjadi suspend ke website kalian, karena resource limit, atau bandwidth melebihi batas wajar kuota.

Solusi lainnya, kalian bisa pindah ke VPS(Virtual Private Server).

Kesimpulan

  • Terlepas dari apapun kelebihan dan kekurangan WordPress. Tidak ada salahnya, kalian mulai belajar menggunakan WordPress.
  • Jika masih belum ada biaya, kalian bisa cara hosting gratisan, atau install secara lokal tanpa koneksi internet(offline), di komputer atau laptop kalian.
  • Karena seiring dengan penggunaanya. Lama-lama kalian akan terbiasa dengan teknologi yang ada dibelakangnya.
  • Pastinya dengan memiliki pertimbangan, yang sudah dijelaskan berdasarkan kelebihan dan kekurangannya.
  • Namun jika masih belum siap , kalian bisa mulai belajar blog menggunakan Blogger terlebih dahulu, atau platform lain yang sedang kalian gunakan.

Demikian artikel tentang kelebihan dan kekurangan dari WordPress. Meskipun masih banyak faktor lagi, yang masih belum dijelaskan. Setidaknya ini menjadi bahan referensi perbandingan untuk kalian.

Fathurrahman Seorang blogger biasa, yang menyukai teknologi Wordpress . Serta senang belajar teknologi komputer, internet, dan android, dan membaca buku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *